Kamis, 18 Desember 2008

Obama naik kereta ke Washington

Barack Obama berhasil mengukir sejarah dengan menjadi presiden berkulit hitam pertama di AS. Obama juga ingin memelihara sejarah pahlawan politiknya, mantan presiden AS Abraham Lincoln.


Karena itulah, Obama akan tiba di Washington, D.C. dengan naik kereta api (KA) untuk menghadiri acara pelantikan bersejarahnya. Demikian disampaikan komite pelantikan Obama seperti dilansir Boston.com, Selasa (16/12).
Perjalanan dengan KA tersebut akan dilakukan pada 17 Januari 2009, tiga hari sebelum pelantikan Obama pada 20 Januari mendatang. Perjalanan dengan KA tersebut dimaksudkan untuk menekankan tema pelantikan ”Memperbarui Janji Amerika” dengan menghidupkan kembali tradisi perjalanan KA presiden AS.
Dalam perjalanan itu, Obama akan singgah di kota-kota yang krusial bagi sejarah AS. Dimulai di Philadelphia, tempat kemerdekaan AS diumumkan pada tahun 1776 dan Baltimore, tempat lagu kebangsaan AS ditulis.
Selain menghidupkan kembali sejarah, perjalanan itu juga akan memberikan kesempatan bagi lebih banyak warga AS untuk melihat Obama. ”Sebagai bagian dari pelantikan yang paling terbuka dalam sejarah, kami berharap untuk mencakup sebanyak mungkin warga Amerika yang ingin berpartisipasi namun tidak bisa berada di Washington,” kata Emmett S. Beliveau, direktur eksekutif komite pelantikan Obama.
”Event ini akan memungkinkan kami melakukan hal itu sekaligus menghormati sejarah yang kaya dan tradisi perjalanan pelantikan terdahulu,” imbuhnya.
Bukan rahasia lagi kalau Obama memang mengidolakan Lincoln. Mendiang mantan presiden AS itu naik kereta sepanjang perjalanannya dari Springfield, Illinois menuju Washington, D.C. untuk acara pelantikannya pada tahun 1861.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan mengisi komentar sesuai dengan isi artikel.